Blog Attention

23 Feb 2012

Daftar Browser Internet Terbaru Dan Terbanyak Digunakan Untuk Browsing

Internet yang juga disebut sebagai dunia maya, adalah suatu sarana  dimana orang-orang antara yang satu dengan lainnya dapat melakukan komunikasi dan interaksi baik satu arah maupun timbal-balik, yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik dalam sistem jaringan komputer di seluruh penjuru dunia secara online terhubung langsung). Pada mulanya orang di dalam melakukan penjelajahan web di dunia internet atau dunia maya, masih menggunakan browser dari OS (Operating system) bawaan Windows, yaitu Internet Explorer (IE) yang disertakan dalam penginstallan Windows. Akan tetapi sejalan dengan perkembangan Ilmu dan teknologi yang demikian pesat, maka belakangan ini ternyata sudah banyak software browser yang dapat digunakan untuk melakukan penjelajahan web di dunia internet. Namun dari sekian banyak software browser penjelajah dunia internet, hanya ada beberapa browser saja yang paling sering digunakan. Oleh karenanya maka pada posting kali ini saya akan share beberapa nama software browser yang paling sering dan paling banyak digunakan di dunia, dan software-nya dapat didownload secara free untuk menjadi koleksi. 

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Sebenarnya ada banyak nama-nama software browser internet yang terkenal, namun hanya  sekitar lima software browser saja yang paling sering digunakan untuk melakukan browsing internet di seluruh dunia. Di bawah ini adalah daftar review nama-nama software browser beserta link download dari situs-situs resminya. Daftar ini diurutkan berdasarkan rangking pengguna terbanyak di seluruh dunia, sebagai berikut :


1. Google Chrome


Google Chrome adalah salah satu software browser internet yang berbasis proyek terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Nama proyek terbukanya itu sendiri disebut chromium. Dalam perkembangannya software browser ini ternyata hasilnya sangat baik, bahkan melebihi browser Firefox. Browser ini dikenal bekerja lebih cepat dalam penjelajahan web. Para pengguna browser dunia sangat merekomendasikan untuk menggunakan browser ini. Bagi anda yang suka dengan browser ini, dapat mendownload-nya disini. 



2. Mozilla Firefox


Mozilla Firefox atau lebih dikenal dengan sebutan Firefox nama aslinya bernama Phoenix, kemudian dalam perjalanan waktu menjadikannya juga dikenal dengan nama mozilla firebird, karena di logonya seperti burung yang terbakar api dibagian ekornya.  Pengguna browser ini juga sangat banyak di dunia internet setelah Google Chrome. Mozilla Firefok dikembangkan oleh mozilla foundation bernama Yayasan Mozilla dengan jumlah relawan yang tersebar diseluruh dunia. Browser ini lebih mudah dioperasikan dan tampilannya juga menarik, sehingga banyak pengguna dunia internet senang dan betah menggunakan browser ini. Bagi anda yang suka dengan browser ini, dapat mendownload-nya disini.


3. Internet Explorer


Internet Explorer dalam dunia internet merupakan browser terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan pengguna komputer di dunia menggunakan OS (Operating system) Windows dari Microsoft. Windows sendiri telah menyertakan browser internet explorer dalam setiap penginstallan softwarenya. Internet Explorer dulunya dikenal dengan sebutan Mocrosoft Internet Exploler kependekan dari IE atau MSIE yang dirilis bersmaan dengan sistem operasi Microsoft Windows sejak tahun 1995. Browser ini memang sedikit agak berat, namun sangat aman untuk digunakan menjelajah web di internet atau dunia maya. Bagi anda yang suka dengan browser ini, dapat mendownload-nya disini.



4. Opera Browser
 
Opera Browser  adalah salah satu browser penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Olso, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi,  termasuk Mocrosoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Opera adalah sebuah aplikasi gratis yang didukung melalui kemitraan antara para pengembang yaitu; Opera software, situs aplikasi gratis GameJump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google. Bagi anda yang suka dengan browser ini, dapat mendownload-nya disini.
 

5. Safari Browser


Safari Browser adalah salah satu browser penjelajah atau peramban web internet buatan Apple Inc, yang awalnya ditujukan khusus bagi Sistem Operasi Mac OS. Safari browser dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan pada sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan dari OS tersebut. Bagi anda yang suka dengan browser ini, dapat mendownload-nya disini.

Kelima software browser tersebut merupakan software browser yang belakangan menjadi software andalan bagi pengguna browser di dunia. Selain kelima software tersebut diatas, masih ada beberapa software browser lainnya yang dapat anda coba untuk menjelajah dunia internet. Mengenai daftar nama software browser selengkapnya dapat dilihat disini.


Sumber :
http://internet-browser-review.toptenreviews.com
http://www.mihirbabu.com